Lakukan Cara Ini Agar Si Kecil Tak Suka Ngompol Lagi

Tags

ini-cara-agar-si-kecil-tak-suka-ngompol-lagi

Si Kecil Masih Suka Ngompol? Ini cara melatih anak agar tak suka ngompol lagi


Tentunya menjadi kerepotan para orang tua memiliki anak yang masih sering ngompol. Apalagi sang ibu, akan kerepotan dengan bau pesing dari ompol buah hati. Dengan kata lain para orang tua juga wajib untuk menjemur kasur akibat terkena ompolan si kecil, tentu ini akan menjadi hal yang cukup mengganggu bila terus-menerus terjadi.

Agak sedikit sulit memang mengajarkan si kecil untuk mendisiplinkan buang air kecil saat malam hari. Butuh ekstra kesabaran bagi ibu untuk memulainya agar si buah hati menjadi terbiasa. Berikut adalah beberapa tips jitu yang wajib ibu coba agar si kecil supaya si kecil tak suka ngompol sembarangan lagi :

  1. Yang pertama adalah hindari memberi anak minuman apapun 1 jam sebelum ia tidur. Supaya dia tidak kekurangan cairan, pastikan dalam sehari dia sudah mendapatkan cukup cairan agar tidak dehidrasi. Air atau banyaknya cairan yang masuk dalam tubuh adalah pemicu utama anak ngompol.
  2. Selanjutnya bunda harus melatih si kecil untuk buang air kecil sebelum tidur, bisa juga disertai dengan sikat gigi sebelum tidur. Selalu jadikan ini sebagai rutinitas agar anak semakin terbiasa.
  3. Kadang anak kecil takut dengan kondisi gelap menuju toilet. Jika ini masalahnya bunda harus menyalakan penerangan di sepanjang kamar mandi. Buatlah toilet menjadi tempat yang nyaman, bersih dan wangi agar si kecil tak ogah-ogahan saat akan buang air kecil.
  4. Anak kecil biasanya malas pergi ke toilet karena takut dengan cerita hantu dan cerita seram lainnya. Ini seringkali membuatnya lebih memilih dimarahi karena mengompol dibanding bertemu hantu saat akan ke toilet. Sebisa mungkin pastikan dia tak mendapat cerita seram.

Beberapa hal tersebut harus dicoba menanamkannya dalam diri si kecil, dan membiasakannya dengan melakukan secara rutin. Mudah-mudahan dalam beberapa watku, setelah si buah hati tidak suka ngompol lagi dan lebih disiplin ketika buang air. Semoga Bermanfaat :)

Baca Juga : Cara Menurunkan Panas Demam Anak Dalam Sekejap Menggunakan Kentang


Artikel Terkait