Inilah 10 Manfaat Dahsyat Puasa Senin Kamis

10-manfaat-dahsyat-puasa-senin-kamis

Ternyata Puasa Senin Kamis Memiliki 10 Manfaat Yang Luar Biasa..

Ibadah sunah merupakan ibadah yang apabila dikerjakan akan mendapat pahala, sementara yang tidak mampu menunaikannya juga tidak mendapat dosa. Namun, ibadah sunah pasti akan memberikan manfaat untuk yang mengerjakannya, baik itu secara langsung maupun tidak langsung. Salah satu contoh yang sering kita temui adalah ibadah puasa senin kamis. Puasa senin kamis memiliki manfaat yang sangat besar, baik itu dari sisi kesehatan tubuh maupun mental serta manfaat spiritual yang akan didapat oleh yang mengerjakannya. Oleh karena itu, mereka yang sering berpuasa senin kamis dapt memaksimalkan dan menyeimbangkan pada tiga faktor kecerdasannya, yakni kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ), serta kecerdasan spiritual (SQ).

Tidak hanya itu, banyak manfaat luar biasa lainnya yang akan didapatkan jika menunaikan puasa senin kamis. Beberapa diantaranya adalah :

1. Puasa Senin Kamis dapat membantu dalam peremajaan sel kulit


Beberapa sel kulit manusia yang sudah mati pstinya akan bertukar dengan sel kulit baru, dengan kata lain diremajakan kembali. Kita tidak perlu perawatan yang terlalu mahal atau obat spesifik untuk hal itu. Hanya dengan melakukan puasa senin kamis dengan cara teratur, beberapa sel pada tubuh dapat bekerja lebih aktif lagi, termasuk sel-sel kulit. Hal itu dikarena, metabolisme pada badan manusia yang berhenti waktu berpuasa.

2. Puasa Senin Kamis dapat mengencangkan kulit

Mungkin sebagian dari kita belum tahu apa hubungan puasa senin kamis dengan kekencangan kulit. Sama halnya seperti poin pertama, saat kita berpuasa satu hari penuh metabolisme tubuh juga turut beristirahat hingga membuat beberapa sel ditubuh bekerja lebih optimal, termasuk organ tubuh bagian luar. Ini yang menyebabkan kulit semakin lebih sehat serta kencang.

3. Puasa Senin Kamis dapat membantu mengeluarkan toksin dalam tubuh

Sebuah riset telah membuktikan bahwa puasa senin kamis dapat mengeluarkan racun atau toksin pada badan. Toksin yang bercampur dalam lemak, darah, atau bagian lainnya itu masuk melalui makanan serta minuman yang kita mengkonsumsi sehari-hari. Tidak hanya dengan olah raga saja kita bisa mengeluarkan racun tersebut. Tetapi, kita bisa berhenti mengkonsumsi makanan serta minuman minimal satu hari pennuh, supaya toksin tersebut bisa dikeluarkan dengan efisien, bisa melalui keringat, urine, atau waktu Anda buang air besar. Dengan kata lain, puasa senin kamis memang cara yang ampuh untuk mengeluarkan toksin yang telah mengendap pada tubuh.

4. Puasa Senin Kamis memberi waktu beristirahat untuk organ pencernaan

Organ pencernaan pada tubuh kita diibaratkan mesin. Tidak mungkin suatu mesin dapat dioperasikan atau digunakan secara terus menerus, pastinya lama kelamaan akan mengalami kerusakan.

Sama halnya seperti organ pencernaan pada tubuh kita yang memerlukan istirahat minimal 1 - 2 hari dalam seminggu. Hal itu berguna untuk memaksimalkan fungsi organ pencernaan, keluarkan sebagian toksin dalam organ pencernaan, dan sebagai perawatan teratur supaya organ pencernaan tidak cepat rusak. Hanya satu langkah efisien yang dapat kita lakukan untuk mengistirahatkan organ perncernaan yaitu puasa senin kamis.

5. Puasa Senin Kamis dapat menurunkan kadar lemak dalam tubuh


Lemak memang merupakan salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh. Namun, lemak yang berlebihan juga tidak baik, bahkan dapat mengundang penyakit. Ada tiga langkah untuk mengatasi hal tersebut, yaitu : olah raga teratur, diet yang sehat, serta berpuasa senin kamis. Jika kita melakukan tiga hal itu dengan benar pasti akan terasa manfaat yang nyata. Tubuh akan terlepas dari masalah penyakit, seperti obesitas dan kolestrol.

6. Puasa Senin Kamis dapat membuat cantik kaum hawa secara alami


Dengan berpuasa senin kamis, beberapa sel badan mengalami reorganisasi atau perubahan dengan teratur. Hal ini yang mengakibatkan beberapa sel pada tubuh senantiasa mengalami peremajaan. Dengan begitu, organ dalam ataupun luar tubuh akan menjadi lebih sehat serta fresh. Misalnya, pada organ kulit yang menalami peremajaan. Beberapa sel kulit akan membuat lapisan kulit lebih bersih, fresh, serta terlihat lebih cantik. Untuk beberapa wanita yang ingin senantiasa tampak cantik serta awet muda, tidak ada salahnya mencoba berpuasa senin kamis.

7. Puasa Senin Kamis dapat mengatur hawa nafsu

Orang yang kerap melakukan puasa senin kamis lebih dapat serta mahir dalam mengatur hawa nafsu yang senantiasa bergejolak dalam hati dan fikirannya. Contoh yang logis yaitu seorang pemuda atau pemudi yang kerap merasa kesepian serta senantiasa terbayang terkait dengan lawan jenisnya. Sudah sifat manusia normal tentunya mengharapkan hal yang demikian. Namun, hawa nafsu yang seperti itu haruslah selalu dikontrol agar tidak menimbulkan dampak negatif. Satu diantara langkah yang paling tepat agar hawa nafsu dapat dikendalikan yaitu berpuasa senin kamis.

8. Puasa Senin Kamis dapat memembuat jiwa dan perasaan menjadi lebih tentram

Orang yang memiliki kebiasaan berpuasa senin kamis umumnya bisa lebih mengontrol fikiran serta perasaannya. Dengan puasa senin kamis orang bisa lebih bersabar, mengontrol hawa nafsu, serta menghindari fikiran-fikiran kotor atau negatif. Dengan terkontrolnya fikiran, akan otomatis jiwa akan menjadi lebih tenang dan tentram.

Untuk kamu yang sampai saat ini senantiasa dihantui rasa takut, stres, depresi, atau menghadap pada masalah kejiwaan. Cobalah berpuasa senin kamis supaya fikiran serta jiwa lebih tenang dan tentram.

9. Puasa Senin Kamis membuat diri lebih peka terhadap lingkungan sekitarnya

Ketika berpuasa, pasti akan merasa lapar serta haus. Rasa seperti itu juga dirasakan oleh orang miskin dan orang-orang yang tidak mampu. Mereka melakukan berbagai cara untuk mengisi perutnya agar tetap bertahan hidup sampai harus mengemis atau memungut makanan bekas dari tumpukan sampah. Tetapi, kamu pasti lebih beruntung karena tidak merasakannya. Oleh karena itu, orang yang senantiasa berpuasa senin kamis lebih peka terhadap keadaan sekitar lingkungan. Rasa ini jadi semakin besar ketika orang yang berpuasa itu mengalami rasa lapar serta haus, seperti yang dirasakan orang-orang yangkurang beruntung di luar sana.

10. Puasa Senin Kamis membuat kita semakin banyak beramal

Orang yang membiasakan diri berpuasa senin kamis tentu akan semakin lebih meningkatkan amalan ibadah dengan banyak beramal. Misalnya, bersedekah kepada orang yang kurang mampu. Orang itu meyakini dengan adanya banyak amalan penambahan pendamping puasa senin kamis yang dilakukannya, akan memperoleh pahala yang berlipat. Hal itu akan menjadi dampak positif yang secara otomatis dapat dicapai oleh orang-orang yang berpuasa senin kamis.

Artikel Terkait

This Is The Newest Post