Amalkan 3 Surat Ini Agar Terhindar Dari Kejahatan Setan Dan Jin

Inilah 3 Surat Dalam Al-Qur'an Yang Dapat Melindungi Diri Dari Godaan Setan dan Jin

Al-Qur’an merupakan kitab terakhir yang berisi kumpulan firman Allah SWT sebagai pedoman hidup manusia. Selain itu, ternyata ada beberapa surat di dalam Al-Qur'an yang bermanfaat sebagai pengusir setan yang selalu ingin menggoda manusia agar menjadi pengikutnya dan terjerumus dalam lembah dosa.

Dalam sebuah kisah yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, diceritakan bahwa pada suatu malam sangat gelap dan turun hujan, para sahabat keluar untuk mencari Rasulullah SAW untuk menjadi imam dalam sholat. Setelah berjumpa dengan Rasul, beliau menyerukan kepada para sahabat untuk membaca surat Al-Falaq dan An-Nas sebanyak tiga kali pada waktu pagi dan petang hari. Rasul berkata, jika seseorang membaca kedua surat ini di pagi dan petang hari maka Allah akan mencukupi segala sesuatu dalam kehidupannya. Tidak hanya itu, Allah juga akan menjaga orang yang mengamalkan surat itu dari segala tipu daya setan yang dapat menyesatkan manusia.

Namun, tak hanya surat Al-Falaq dan An-Nas saja yang dapat mengusir setan yang dapat menggoda manusia. Dalam Al-Qur’an juga masih terdapat beberapa surat yang dapat digunakan untuk melindungi diri dari kesesatan dan tipu daya setan. Hal ini diperkuat kembali oleh hadis Rasulullah SAW yang telah diriwayatkan oleh Muttafa’, yang menjelaskan bahwa jika seseorang membaca dua ayat terakhir surat Al-Baqarah dengan sepenuh hatinya maka Allah akan mencukupi segala sesuatu dari kehidupannya. Yang dimaksudkan dari kata mencukupi dalam hadist tersebut menimbulkan beberapa perbedaan pendapat dari para ulama. Sebagian ulama memaknai kata mencukupi sebagai mencukupi seseorang dari amalan shalat malamnya, sedangkan ulama lainnya berpendapat bahwa kata mencukupi berarti Allah akan mencukupi seseorang dari semua kejahatan setan yang selalu ingin mengintai dan menggodanya.

Maka dengan mengamalkan ketiga surat itu di waktu pagi dan petang hari niscaya Allah akan menjaga kita dari segala tipu daya setan yang dapat menjerumuskan kita ke dalam api neraka. Insha Allah

Akan tetapi hanya dengan mangamalkan ketiga surat di atas saja, itu belum cukup membuat kita dapat terhindar dari godaan setansepenuhnya. Malainkan kita juga harus memperbaiki kualitas imanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT dengan selalu meningkatkan ibadah dan menjauhi segala perbuatan yang dilarang oleh-Nya yang tentu dapat menjerumuskan kita ke dalam dosa.

Artikel Terkait